Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Senin, 14 November 2011

Peranan Teknologi Pendidikan dalam Perluasan Akses dan Peningkatan Mutu Pendidikan (III)

Peran teknologi tentu saja memiliki peranan yang itu bisa dilihat dari penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan KTSP, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan perangkat pembelajaran lain. Hal lainnya adalah penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan bahan belajar, modul, buku teks atau e-book.

Teknologi juga dapat digunakan dalam penerapan metode pembelajaran yang lebih menekankan penerapan teori-teori belajar mutakhir. Mengembangkan dan memanfaatkan berbagai jenis media guna memajukan minat belajar siswa. Dan mengembangan strategi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri (PAIKEM).

Penerapan Teknologi Pendidikan

Keuntungan dalam penerapan teknologi pendidikan adalah, dapat memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa, dll secara bersistem. Memecahkan masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak dengan memperhatikan dan mengkaji semua kondisi dan saling kaitan di antaranya.

Menggunakan teknologi pendidikan sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar. Hal lain yang bisa dilihat adalah, timbulnya efek sinergi dimana penggabungan pendekatan/unsur-unsur mempunyai nilai lebih dari sekedar penjumlahan.

a. Solusi Dalam Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum/materi pelajaran yang berisikan muatan ICT dengan tujuan mewujudkan masyarakat baca berbasis ICT. Kurikulum dan materi diperuntukkan bagi siswa, guru/calon guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Melihat kondisi pendidikan kita maka perlu dikembangkan standar kompetensi yang diharapkan dikuasi baik oleh guru maupun siswa di bidang ICT. Dalam pendidikan yang modern perlu adanya pengintegrasian ICT ke dalam kurikulum dan prosem pendidikan.

b. Solusi dalam Pengembangan SDM

Dalam pengembangan SDM kita dapat menyelenggarakan diklat ICT bagi guru, siswa, pengelola pendidikan, penulis buku, perancang dan pengembang ICT. Hal diharapkan agar semakin dalam dan kaya pemahamannya tentang peranan dan potensi teknologi dalam pendidikan.

c. Solusi Penyiapan Software


Keuntungan yang akan didapatkan dalam penerapan teknologi dalam pendidikan adalah kita mampu mengembangkan/memproduksi program ICT berbasis kompter multimedia. Sehingga mempermudah para pelaku pendidikan dalam meingkatkan minat belajar.
Hal lain yang menjadi solusi adalah mengembangkan prototype program ICT, mengoleksi program ICT dengan jalan membeli atau berlangganan, dan dapat mengadakan ujicoba/evaluasi penggunaan program ICT untuk pembelajaran.

d. Solusi Penyiapan Hardware

Solusi dalam penyiapan hardware adalah kita dapat mengidentifikasi kriteria perangkat keras ICT yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Meneliti rasio yang paling efektif tentang jumlah perangkat keras dan lunak dengan jumlah guru dan siswa. memahami cara memasang peralatan ICT, mengembangkan kriteria pemilihan peralatan ICT dan mengupayakan dana yang cukup untuk pengadaan peralatan ICT.

e. Solusi Dalam Pengelolaan, Organisasi, Lingkungan (SETTING)

Untuk lebih memaksimalkan pengoloaan organisasi dan lingkungan kita dapat mendirikan pusat-pusat ICT serta memaksimalkan penggunaan pusat-pusat ICT yang ada untuk mengembangkan dan memproduksi program ICT. Untuk lebih mengenmbangkan jaringan maka kita juga dapat menjalin kerjasama antar lembaga yang terkait untuk mendapat dukungan serta mengembangkan jaringan informasi atar pengembang dan pengguna ICT.

f. Solusi dalam Evaluasi


Dalam hal evaluasi, perlu disiapkan rencana evaluasi dan monitoring untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan penerapan strategi pemecahan masalah-masalah dalam menerapkan konsep dan prinsip teknologi pendidikan.
Hasil evaluasi digunakan untuk memberikan tindak lanjut berupa perbaikan jika terjadi kegagalan dan penyebarluasan jika hasilnya sesuai dengan yang telah direncanakan.

Disusun oleh:
Nama : Taufiq Saifuddin
NIM : 07470056
No. Absen : 01
Mata Kuliah : Teknologi Pendidikan

Tidak ada komentar: